Bagaimana Kita Mendidik Anak

Anak merupakan anugerah bagi orang tua, namun sekaligus sebagai fitnah ujian bagi keduanya. Anak dapat menjadi sebab yang bermanfaat bagi kedua orang tuanya, bahkan setelah meninggalkannya. Namun, anak juga bisa menjadi boomerang yang mencelakakan kedua orang tuanya, bila keduanya menelantarkan haknya.

Orang tua memikul amanah untuk mendidik, menjaga dan membimbing anak-anaknya untuk berada di jalan Allah. Orang tua merupakan panutan setiap anaknya, contoh yang mereka tonton sehari-harinya akan memberntuk jiwanya. Orang tua menafkahi anak lahir batin, tidak hanya mengajak kepada yang baik, namun juga menjaga dari yang buruk.

Bak tanaman yang tak hanya dipupuk dan disiram, namun juga butuh dipagari dan dijaga dari serangan perusaknya. Memang mendidik anak tak semudah menjaga dan membesarkan pohon, namun masing-masing ada ilmunya.

Allah berfirman, yang artinya: “Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” Rasul juga bersabda: “Kalian semua adalah penggembala dan kelak akan ditanya tentang gembalaannya.”

Tapi mana yang baik dan mana yang buruk menurut syariat? Apa yang akan kita tanamkan kepada anak kita? Banyak hal yang kita belum tahu, semua membutuhkan usaha, ilmu dan praktek. Tapi kemana kita berpedoman?

Allah tak menelantarkan kita begitu saja tanpa petunjuk. Allah turunkan kitab-Nya, Allah utus Rasl-Nya kepada kita. Jangan seperti kata pepatah “Bagai unta yang mati kehausan, padahal ada air yang ia bawa di atas punggungnya.”

Semoga apa yang ada dalam buku ini dapat membantu upaya kita dalam mendidik putra-putri generasi setelah kita …. Semoga Allah memberikan hidayah dan keikhlasan, serta mewujudkan keluarga dan masyarakat madani, amin.

Description

Judul: Bagaimana Kita Mendidik Anak?
Judul Asli: Kaifa Nurabbi Auladana
Penulis: Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu
Penerbit : Maktabah al-Huda
Ukuran : 15,5 cm x 24,5 cm, soft cover, 116 hal, isi kertas CD

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Bagaimana Kita Mendidik Anak”